GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Sultan Pelambang Darussalam Ikut Rayakan Tahun Baru Islam

21 September 2017
Ilustrasi Pawai obor menyambut Tahun Baru Islam (Antara/Makna Zaezar/yus4)

Palembang, GATRAnews,- Peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah kali ini di Palembang dirayakan sedikit berbeda. Sultan Palembang Darussalam yang baru, Sultan Mahmud Badaruddin IV Djaya Wikrama ikut dalam pawai obor, Rabu (20/9), malam.

Pawai obor yang menjadi agenda pertama di Kesultanana Darussalam Palembang ini diawali dengan sholat magrib berjemaah di masjid Baitullah, 32 Ilir Palembang.

Mencapai 600 umat muslim dengan berbusana putih sekaligus membawa obor melakukan pawai di sepanjang jalan Sultan Mahammad Mansyur, hingga ke istana adat Sultan Prabu Diraja SMB III Palembang.

Pawai obor ini pun sempat memenuhi ruas jalan, hingga aparat kepolisian juga membantu mengatur arus lalu lintas. Gema takbir dan dzikir yang berkumbang saat para umat muslim menggelar pawai obor tersebut. Setelah tiba di istana adat, para umat muslim melanjutkan pawai obor dengan pembacaan surat yasin dan mendengarkan tausiyah.

Selain pawai obor menjadi agenda yang pertama, pada malam itu hadir Sultan Palembang Darussalam ikut memimpin pawai obor. Dalam silsihnya, Sultan Dijaya Wikrama ditapuk menjadi Sultan Mahmud Badaruddin IV. 

Dikatakan Sultan Dijaya, peringatan pawai obor ini akan menjadi agenda tahunan di kesultananan kedepan. Pawai obor memberikan makna memperoleh cahaya dalam kegelapan, seperti halnya kehadiran islam di kalangan masyarakat,

“Tradisi pawai obor ini sudah lama tidak dilaksanakan, dan kesultanana Palembang Darussalam berusaha menghidupkannya kembali,”ungkapnya.

Sultan Mahmud Badaruddin IV didaulat sebelum Sultan Mahmud Badaruddin III, Sultan Prabu Diraja meninggal 8 September 2017 lalu.


Reporter : T. Malinda

Editor : Mukhlison