GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Siak Gelar Jelajah Melaka-Riau

22 July 2017

Pekanbaru, GATRAnews - Dinas Pariwisata Siak, Riau akan menggelar event Jelajah Silaturahim Melaka–Riau pada 10–13 Agustus 2017. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Fauzi Asni menjeaskan bahwa Jelajah Silaturrahim Melaka-Riau menjadi momen penting bagi Siak ini untuk lebih mempererat hubungan Siak dan Malaysia. Apalagi Siak sudah pula meneken kesepahaman sister city Melaka-Siak. 

 

"Ini menjadi momen penting bagi kita untuk lebih memperkenalkan juga budaya Siak ke negeri jiran. Selama acara nanti, kami akan menampilkan sederet pertunjukan. Mulai dari kesenian, permainan tradisional hingga berbalas pantun," katanya Jumat (21/7) malam. 

Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Malaysia bersama Radio Televisyen Malaysia (RTM) bakal menggelar acara unik di Kota Siak Sri Indrapura, ibukota Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada 10-13 Agustus mendatang. 

Temu kangen para pecinta RTM jaman baheula di serantau pesisir Riau. Orang-orang dari Dumai, Pulau Rupat dan Pulau Bengkalis Kabupaten Bengkalis serta Selat   Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti, bakal berkumpul di Kota Siak Sri Indrapura dalam tajuk Jelajah Silaturrahim Melaka-Riau. 

Penyanyi tembang-tembang lawas asal Malaysia juga ikut meramaikan acara itu. "Acara ini adalah ajang  mempererat tali silaturrahim antara orang melayu yang ada di pesisir maupun yang ada di Melaka," ujar Pengurus Besar (Setia Usaha Agung/Sekjen) DMDI Malaysia, Datuk Haji Abu Bakar Bin Abdul, saat bertandang ke Siak, Jum'at (20/7) bersama pimpinan RTM.      

Dalam pandangan Abu Bakar, Siak masih sangat kental dengan budaya melayunya. Mulai dari bahasa, makanan hingga kesenian.


Reporter: Abdul Aziz

Editor: Rosyid