GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Bank BTN Siap Dukung Pengembangan Wisata di Morotai

17 August 2016
Bank BTN dukung pengembangan wisata di Morotai (Dok.BTN/adi3)

Jakarta, GATRAnews - Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) Maryono, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (17/8), menyatakan, siap memberikan berkontribusi untuk pengembangan sektor wisata di Morotai, Maluku Utara. Dengan keindahan alam yang dimiliki potensi wisata Morotai untuk berkembang diyakini masih sangat besar.

"Keindahan alamnnya sangat luar biasa, kami akan mengajak BUMN dan investor untuk ikut dalam pengembangan kawasan wisata ini. BTN akan menjembatani hal ini,” ujar Maryono, usai memberikan bantuan sarana dan prasana air bersih serta MCK di Desa Kolorai, Kabupaten Morotai Maluku Utara. Bantuan tersebut diberikan dalam rangka program “BUMN Hadir untuk Negeri”.

Maryono mengungkapkan, sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) dan ditetapkan sebagai salah  satu 10 destinasi pariwisata Indonesia, Morotai memiliki potensi untuk berkembang. Namun infrastruktur yang ada belum bisa mendukung potensi tersebut. Untuk itu diharapkan peran semua pihak dalam memberikan perhatian bagi pengembangan wisata Morotai agar dapat  berkembang seperti daerah lainnya.

"Ini adalah momen yang tepat karena kami BUMN hadir di wilayah Maluku Utara untuk bersama-sama membangun ekonomi daerah melalui kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri. Ini akan kami sampaikan kepada Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan kalangan swasta untuk bersama-sama kita membangun Morotai,” katanya.

Menurut Maryono, BTN bisa ikut memberikan kontribusi dalam pengembangan wisata di Morotai sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Misalkan BTN dapat membangun home stay di Pulau Dodola yang memiliki laut yang jernih dan pantai berpasir putih yang indah. Jika dibangun home stay ataupun hotel di kawasan Pulau Dodola akan makin banyak wisatawan manca negara yang akan datang.

"Apalagi saat ini sudah ada penerbangan langsung dari Manado ke Morotai yang membawa turis dari China. Ini harus dikembangkan dengan infrastruktur yang menunjang,” tuturnya.

Bupati Morotai Weni Paraisu mengaku sedikitnya dibutuhkan investasi sebesar Rp100 milyar untuk mengembangkan potensi wisata di Morotai seperti Pulau Dodola. Namun kebutuhan dana tersebut hanya untuk sebatas pembangunan home stay dan cotage ataupun hotel, belum memperhitungkan infrastruktur pendukungnya.

"Infrastruktur yang kami butuhkan adalah penyediaan air bersih dan listrik. Kami terus berupaya mengadakan itu. Semoga pemerintah pusat mau mendengarkan hal ini,” jelasnya.

Dalam program BUMN Hadir untuk Negeri, Maryono menuturkan, untuk tahun ini BTN bersama PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) (PPA) dan PT Asabri melakukan banyak kegiatan CSR di wilayah Maluku Utara. Kegiatan tersebut meliputi Siswa Mengenal Nusantara (SMN), gerak jalan, hiburan rakyat pasar murah, bedah rumah veteran, pembangunan sarana air bersih dan MCK serta pembangunan pusat penitipan anak.

"Kami juga melakukan upacara Kemerdekaan pada 17 Agustus di Ternate dengan menjadi inspektur upacara. Kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri ini bertujuan mendekatkan BUMN kepada masyarakat dan merasakan manfaatnya secara nyata dengan kehadiran BUMN,” ucap Maryono.

Untuk pasar murah Bank BTN menyiapkan 1.000 paket sembako yang masing-masing terdiri dari 10 kg beras premium, 2 kg gula pasir dan 2 liter minyak goreng. Paket sembako tersebut dijual kepada masyarakat hanya Rp 25.000 dan di pasar harganya bisa mencapai sekitar Rp 185.000. Hasil penjualan sembako dikembalikan ke masyarakat Ternate. Sementara untuk bedah rumah veteran sebagai tanda jasa mereka yang telah berjuang untuk bangsa, kita lakukan untuk 65 rumah veteran di wilayah Maluku Utara.

Selain itu kegiatan sosial yang dilakukan dalam rangka BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Maluku Utara adalah pemberian bantuan bagi pengembangan pendidikan, bantuan untuk pembinaan desa, bantuan untuk pembinaan mantan atlit, bantuan untuk pembinaan mantan narapidana.

Menurut Maryono, setelah melihat secara langsung kebutuhan masyarakat di wilayah Maluku Utara dan adanya beberapa masukan, di Ternate sangat membutuhkan sarana air bersih dan penyediaan listrik. BTN akan memberikan laporan kepada Kementerian BUMN agar masukan tersebut bisa ditindaklanjuti.

"Masyarakat di Maluku Utara sangat merasakan kehadiran BUMN dengan kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri. Ini sudah memasuki tahun kedua dan akan terus dilakukan secara berkelanjutan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Ternate M Tauhid Soleman menyambut baik dengan kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Maluku Utara khususnya Kota Ternate. Menurut dia pemerintah daerah sangat terbantu dengan kegiatan CSR yang dilakukan BTN bersama PPA dan Asabri dengan membuka fasilitas air bersih, bedah rumah veteran, pasar murah dan pembangunan tempat penitipan anak.

"Dengan terbatasnya anggaran pemerintah daerah, tentu kegiatan ini sangat membantu kami. Namun diharapkan kegiatan ini tidak berhenti sampai sini, harus ada kelanjutannya,” tuturnya.

Tauhid berharap kepada perbankan khususnya BTN bisa menjembatani untuk membuka pasar bagi para pelaku usaha di Kota Ternate. Dengan pembukaan jaringan pasar tersebut diharapkan perekonomian Kota Ternate bisa lebih baik lagi.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief