GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Karnaval Wayang dan Panahan Tradisional Meriahkan Ultah Kota Yogyakarta

06 October 2017
Gladi bersih jemparingan atau panahan tradisional menyambut perayaan HUT ke 261 Kota Yogyakarta (GATRA/Arief Koes/HR02)

Yogyakarta, gatracom - Dua agenda  tahunan akan berlangsung akhir pekan ini menyambut ulang tahun ke-261 Kota Yogyakarta, yakni Wayang Jogja Night Carnival dan lomba panah tradisional atau jemparingan tingkat nasional, yang dilaksanakan pada Sabtu (7/10) dan Minggu (8/10).



Direktur Wayang Jogja Night Carnival Yetti Martati menjelaskan ajang yang telah berjalan dua tahun ini kini mengambil tema Perang Mahabarata.

“Jadi 14 perwakilan kecamatan di Kota Yogyakarta yang menjadi peserta dibebaskan berkreasi menampilkan sesuai tema pada Sabtu malam nanti,” katanya, Jumat (6/10).

Mengambil titik awal di Jalan Soedirman, rute karnaval melintasi Tugu Kota Yogyakarta kemudian menuju Jalan Malioboro. Selama perjalanan, panitia menyediakan tiga panggung untuk pertunjukan.

Karena menjadi jalur utama karnaval, Yetti mengatakan beberapa jalan yang memiliki akses ke Jalan Soedirman dan Malioboro akan ditutup selama acara yakni pukul 18.00-22.00 WIB.

Sementara itu, pada Minggu pagi, selama satu hari berlangsung ‘Gladen Hageng Jemparingan Ngayogyakarta Nasional’ atau lomba akbar panahan tradisional gaya Keraton Yogyakarta di lapangan Kodim 0734 Kota Yogyakarta.

Dandim 0734 Letkol Inf Rudi Firmansyah mengatakan lomba panahan ini memperingati hari ulang tahun Kota Yogyakarta dan menyambut 72 tahun TNI.

“Sebanyak 350 perserta dari berbagai daerah di Indonesia dipastikan hadir. Yang terbanyak memang didominasi peserta DI Yogyakarta. Lomba ini kami bagi dalam empat kategori yaitu anak-anak, remaja, dewasa, dan umum,” jelas Rudi.

Adapun Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyambut baik gelaran yang diadakan untuk menyambut hari ulang tahun kota gudeg ini.

“Setelah kemarin Malioboro Coffee Night, Grebek Pedagang Pasar, dan Jumat ini di Balaikota juga berlangsung kenduri yang diadakan Pemkot Yogyakarta bersama masyarakat. Kami berharap semua kegiatan yang berlangsung semakin membuat Kota Yogyakarta dikenal,” katanya.




Reporter: Arif Koes Hernawan
Editor: Rosyid