GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

15 Raja seluruh Indonesia Bakal Hadiri DCF 2017

01 August 2017
Prosesi pemotongan rambut anak gimbal dijadwalkan akan diikuti oleh Raja-Raja dari seluruh Indonesia (GATRAnews/Ridlo Susanto)

Banjarnegara, GATRAnews – Sebanyak 15 raja dan permaisuri dari kerajaan dan kesultanan seluruh Indonesia memastikan akan hadir dalam gelaran Dieng Culture Festival 2017. Secara total, terdapat 20 keraton dan puri nusantara yang bakal hadir di puncak acara yang sudah menjadi agenda pariwisata nasional ini.

Kepala Dinas Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, diantara 20-an utusan keraton dan puri itu, 15 diantarannya merupakan pasangan raja dan permaisuri dari berbagai keraton dan kesultanan nusantara.

“Sementara memang sudah ada 15 yang sudah konfirm bener, 15 pasang raja dan permaisuri. Sementara, nanti kita sambut, kerawuhannya, para raja di Pendopo Dipayudha Graha. Kemudian kita kawal menuju ke Dieng,” kata Dwi Suryanto, Selasa (1/7).

Dia merinci, ke-20 utusan keraton dan puri tersebut adalah, Keraton Amertha Bumi Kendal, Keraton Kutai, Keraton selayar, Keraton Sulawesi, Kesultanan Luwu, Keraton Bangkalan, Keraton pamekasan, Keraton Tamiang Aceh, Keraton Indrapura, Keraton Taruma Negara, Keraton Bau Bau, Keraton Yustina,

Kemudian, kata Dwi, Hadir pula Karaeng Rewa, Kanjeng Dinar, dan utusan dari Puri Tabanan, Puri Pemecutan, Puri Jembrana, Puri Kerambitan, Puri Peliatan dan Puri Ubud.

Dijadwalkan, para raja dan permaisuri juga akan mengikuti arak-arakan prosesi pemongan rambut gimbal, namun terbatas di area Komplek Candi Arjuna.

“Para raja dan permasiuri itu menghendaki akan mengikuti kirab. Meski tidak sepanjang perjalanan. Tetapi mungkin di Pintu Masuk Komplek Candi Arjuna, beliau akan mengikuti barisan potong rambut gimbal itu,” jelasnya.

Mereka akan tiba pada 5 Agustus 2017 di Pendopo Pemkab Banjarnegara, lantas dikawal menuju Dataran Tinggi Dieng untuk mengikuti berbagai prosesi ritual Dieng Culture Festival 2017.

“Ada kemungkinan pula, perwakilan raja akan memotong rambut salah satu anak gimbal. Namun, ini akan dikomunikasikan lebih lanjut dengan Panitia DCF 2017 dan tetua adat Dieng,” ujarnya.

Dwi Suryanto menceritakan, awal kehadiran raja-raja nusantara ini berawal ketika pihaknya berkomunikasi dengan Ketua Paguyuban Raja-Raja Nusantara, Prabu Puntajaya Negara, Raja Keraton Amartha Bumi, Boja, Kendal, Jawa Tengah. Saat itu, Prabu Puntajaya mengutarakan keinginannya agar raja-raja di Nusantara dihadirkan dalam Dieng Culture Festival 2017.

“Beliau-belaiu ini juga memiliki semangat yang sama untuk melestarikan budaya nusantara,” jelasnya.

Dwi Suryanto menambahkan, para raja hadir dari seluruh penjuru nusantara dengan biaya sendiri. Akan tetapi, saat berada di Banjarnegara, seluruh akomodasi akan ditanggung oleh Pemkab Banjarnegara, mulai transportasi hingga penginapan.


Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid