GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Jalur pendakian Gunung Rinjani Terbakar

22 August 2017

Mataram, GATRAnews - kebakaran jalur pendakian Gunung Rinjani meluas hingga padang savana dan pepohonan di lereng gunung. Kebakaran terjadi sejak Senin sore (21/8) hingga malam hari Pukul 17.00 Wita.


Petugas Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) bersama tim rescue berusaha melakukan pemadaman api. “Kebakaran terjadi di hutan kawasan TNGR di jalur pendakian. Tepatnya di sekitar Pos 3 jalur pendakian menuju pos ekstra,” kata Kepala Balai TNGR R. Agus Budi Santosa di Mataram, Selasa (22/8).

Agus Budi santoso menambahkan, tim  pemadam kebakaran naik ke titik api. Tim terdiri dari petugas Resort Sembalun, Brigade Kebakaran Resort Sembalun dan MPA Resort Sembalun. Mereka telah dikerahkan untuk melakukan pemadaman di lokasi serta melokalisir lokasi kebakaran dari para pengunjung.

Agus menduga penyebab kejadian bukan alam.Tim Satgas Rinjani langsung melakukan penyelidikan melalui Pos Pelawangan Sembalun. Agus belum  berani memastikan penyebab kebakaran disebabkan 

Hingga saat ini  tim dari Satgas yang ditempatkan di Plawangan tengah turun untuk memback up tim Fire Fighting untuk proses pemadaman api. Selain itu untuk memastikan penyebab kobaran api. “Belum ada laporan korban jiwa akibat kebakaran ini, khususnya dari pendaki yang memang sedang ramai sejak awal Agustus,” pungkas Agus.




Reporter: Hernawardi
Editor: Rosyid