GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Tabanan Jadi Destinasi Kedua Gowes Pesona Nusantara di Bali

28 July 2017

Tabanan, GATRAnews - Setelah pekan lalu Kabupaten Klungkung, Bali, sukses menghelat Gowes Pesona Nusantara 2017, kini giliran Kabupaten Tabanan juga akan menyajikan hal yang sama panda Ahad (30/7).


Program ini digelar untuk mendorong masyarakat terus berolahraga bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui program andalannya #Ayoolahraga.

Hal yang menarik dari perhelatan Gowes Pesona Nusantara adalah selain berolahraga yakni pengeksplorasian destinasi wisata wilayah setempat serta lebih memperkuat rasa nasionalisme kebhinekaan di dalam bingkai NKRI.

Terkait kebhinekaan itu sendiri, diwakili oleh penyatuan tanah dan air yang diambil dari 90 titik kabupaten di Indonesia. Untuk di Tabanan, pengambilan tanah dilakukan di Pura Batukaru. Sedangkan air diambil di Pura Ulun Danu Beratan, dari tengah Danau Beratan oleh pemuka adat dan pemangku kebijakan setempat.

Keanggunan pura Ulun Danu terlihat jelas dalam prosesi pengambilan tanah dan air yang diawali dengan ritual adat setempat. Ribuan warga bahkan turis asing yang tengah menikmati pesona Pura Ulun Danu juga menyaksikan prosesi pengambilan tanah dan air di pura yang pernah menghiasi uang 50 ribu rupiah itu, sehingga ritual itu tak luput dari bidikan para turis asing.

"Wow... amazing, sebelumnya saya tidak tahu jika ada kegiatan seperti ini di Pura Ulun Danu. Saya sangat beruntung mampu mengabadikan momen ini yang menggabungkan olahraga dengan pariwisata serta pereratan negara kesatuan Republik Indonesia. Saya belum pernah melihat seperti ini di negara lainnya," tutur Jordan Fritz, turis asal Inggris.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora dr. I Nyoman Winata Spko pasca prosesi pengambilan tanah dan air mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi keantusiasan warga Tabanan dalam rangkaian perhelatan Gowes Pesona Nusantara ini.

"Saya sangat terharu dengan masyarakat Kabupaten Tabanan yang terlibat dalam prosesi pengambilan tanah dan air di Pura Ulun Danu. Melihat hal tersebut saya sangat meyakini jika pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara pada hari Minggu mendatang akan diikuti oleh ribuan orang juga," tutur I Nyoman Winata, Jumat (28/7).

Setelah pengambilan, tanah dan air itu akan disemayamkan di area pura kantor Bupati Tabanan yang akan diserahkan tanggal 30 Juli saat gowes di Tabanan.


Reporter: Wanto
Editor: Arief Prasetyo