GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Belitung: Nikmatnya Kopi di Pagi Hari dan Sup Gangan

25 Oktober 2016
Warung Kopi Kuli di Museum Kata (GATRA/Dharma Wijayanto)

Jakarta, GATRAnews - Pagi hari di Belitung kurang lengkap tanpa segelas kopi hitam dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Budaya minum kopi di pagi hari di Negeri Laskar Pelangi ini memang kuat. Dan dari itulah kedamaian dan harmonisasi tercipta. 

 

Belitung bukan dataran tinggi dan sekaligus penghasil kopi di Indonesia. Namun masyarakat di sini bisa mengolah dan meracik kopi yang berasal dari luar sehingga menjadi khas Belitung.

 

Warung-warung kopi di Belitung tidak pernah menuangkan kopi ke dalam satu per satu gelas ukuran kecil. Justru mereka menuangkan ke gelas ukuran besar kemudian diaduk dalam waktu tertentu dan dibagikan ke gelas-gelas kecil. 

 

Menurut para penjual, cara tersebut bisa mengurangi ampas kopi. Tradisi minum kopi dengan cara seperti itu telah berlangsung lama dan menjadi kekhasan tersendiri bagi belitung. 

 

Bergeser ke kuliner, Belitung identik dengan makanan seafood. Namun Sup Gangan tidak ada duanya di dunia dan hanya ada di Belitung. Sup ikan bumbu kuning berpadu dengan rasa asam dan segar dari potongan nanas muda, ehmmm.. lezat.

 

Sup Gangan Belitung dengan mudah ditemui di restoran-restoran sebagai berikut: Pandan Laut, Kebun Rindo Kampung, Pondok Surya dan RM Belitong Timpo Duluk. Soal harga tidak perlu khawatir, sangat murah. 

 

Wisatawan jangan khawatir dengan titipan oleh-oleh khas Belitung. Pletek adalah oleh-oleh yang paling dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Belitung. Pletek adalah cemilan yang terbuat dari ikan tenggiri segara dengan bumbu merica dan garam. 

 

Batik Belitung juga bisa menjadi alternatif oleh-oleh bagi wisatawan. Motif kerang, ikan dan laut adalah ciri khas Belitung.

 

Jadi... ayo kita plesiran ke Belitung.

 

--

 

Temukan Pesona Belitung lainnya di pesonaindonesia.travel

Follow twitter Indonesia.Travel (@indtravel)

Facebook Indonesia.Travel (@indonesiatravel)

Instagram Indonesia Travel (@indtravel)