GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Jalan-Jalan ke Sabang, Ini Transportasi Bagi Wisatawan

17 October 2016
Sabang (Dok: PesonaIndonesia.travel)

Jakarta, GATRAnews - Wisata bahari Kota Sabang, Aceh, terus bergeliat. 'Si Mutiara Bahari' Indonesia bagian Barat ini menjadi surga bagi penyelam tanah air maupun internasional menyajikan ratusan jenis ikan laut dan hamparan terumbu karang alami.

Perairan Sabang adalah pertemuan antara Samudera Hindia dan Selat Malaka sehingga menjadikannya sangat kaya dan beragam. Perairan Sabang juga berbatasan langsung dengan India, Thailand dan Malaysia. 


Tidak sulit berwisata ke Kota Sabang yang terletak di Pulau Weh atau 18 mil sebelah utara Banda Aceh. Bisa ditempuh melalui kapal dalam waktu 45 menit sampai dengan 2 jam. 

Setidaknya ada dua jenis kapal yang dapat mengangkut wisatawan ke Sabang, yaitu kapal barang (lambat) dan kapal penumpang (cepat). Kapal cepat biasanya berangkat pukul 15.30 WIB. Tarif per orang untuk kelas ekonomi  Rp 55.000, eksekutif Rp 60.000 dan VIP Rp 70.000. 

Kapal penumpang tujuan Banda Aceh - Sabang beroperasi dua kali sehari, setiap pagi dan sore. Perlu diketahui, cuaca menjadi faktor dominan keberangkatan atau pembatalan kapal penumpang Banda Aceh - Sabang atau sebaliknya. ‎

Kota Sabang memiliki dua pelabuhan laut yaitu Pelabuhan Samudra (alam) di Teluk Sabang yang biasa digunakan untuk kapal besar dan bongkar muat barang. Sementara kapal penumpang dan ferry di Pelabuhan Teluk Balohan. 

Alternatif lain menuju Sabang adalah menggunakan pesawat melalui Bandara Udara Maimun Saleh yang melayani jalur penerbangan utama Bandar Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh. Namun kebanyakan wisatawan atau backpacker memilih menggunakan kapal cepat dari dan ke Pelabuhan Balohan di Sabang.

 

--

 

Temukan Pesona Sabang lainnya di pesonaindonesia.travel

Follow twitter Indonesia.Travel (@indtravel)

Facebook Indonesia.Travel (@indonesiatravel)

Instagram Indonesia Travel (@indtravel)