GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Wisata Lengkap Pulau Belitung

10 October 2016
Obyek wisata Pantai Tanjung Kelayang, Belitung (ANTARA/Ida Nurcahyani/re1)

Jakarta, GATRAnews - Pulau Belitung tak cuma menawarkan keindahan pantai dengan formasi batu-batu granitnya. Pulau ini juga menyuguhkan pemandangan bawah lautnya yang mempesona bagi penggemar snorkeling dan menyelam. Di antara beberapa tempat snorkeling terbaik di Belitung adalah: Pantai Batu Penyu, Pantai Tanjung Binga, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Batu Camar, Pulau Kelayang, dan Pantai Tanjung Kelayang. Para wisatawan yang menyelam bisa menikmati terumbu karang dengan ratusan jenis ikan karang berwarna warni yang hidup di dalamnya. Bahkan para penyelam bisa berenang bersama hiu dan penyu sisik, atau dengan aneka ubur-ubur yang indah. 

 

Belitung tak hanya memiliki obyek wisata bahari yang memikat hati. Bagi para pelancong yang tertarik wisata budaya dan sejarah, mereka bisa berkunjung ke Museum Belitung di Tanjung Pandan, yang mengoleksi barang-barang sejarah lengkap Pulau Belitung. Museum ini dibangun pada tahun 1963 atas prakarsa seorang ahli geologi Belgia, Dr. Oesberger, yang kala itu bekerja di industri pertambangan Belitung. Tanjung Pandan sendiri masih memiliki berbagai bangunan kuno peninggalan masa pemerintahan kolonial Belanda yang menarik. Ada juga Vihara Dewi Kwan Im, kuil Budha peninggalan abad ke-18 di puncak bukit yang mempesona di Desa Burung Mandi, Kecamatan Manggar. Vihara indah yang dibangun pada tahun 1747 itu masih berfungsi sebagai tempat suci bagi umat Budha hingga sekarang.  

 

Belitung juga menawarkan wisata kuliner yang tak kalah menariknya. Para pelancong tak akan sulit menemukan rumah makan yang menyajikan menu-menu istimewa, termasuk menu khas daerah di Belitung. Makanan khas Pulau Belitung antara lain adalah suto belitong, yang terdiri dari sup, lontong, sayuran, dan mie. Ada juga gangan (sup ikan), pais (ikan bakar pedas), berbagai ikan panggang, kepiting santan kelapa, cumi-cumi, udang dan ikan goreng khas Belitung. Silakan coba juga minuman khas Belitung seperti kopi O, es teh susu, es jeruk kunci.

 

Para wisatawan juga tak perlu khawatir mengenai penginapan. Di Belitung terdapat beberapa hotel dan penginapan dengan standar pelayanan yang tinggi, yang dijamin memuaskan wisatawan baik wisatawan domestik maupun dari mancanegara. Pulang dari Belitung, anda juga bisa membawa berbagai buah tangan khas Belitung. Para wisatawan bisa mendapatkan berbagai souvenir cantik seperti: satam, dan kerajinan kerang. 

 

Satam yang pada masa Hindia Belanda disebut billitonite itu adalah batu hitam yang memiliki ukiran acak alami pada permukaannya. Batu satam hanya dapat ditemukan di Belitung dan konon berasal dari sisa-sisa asteroid yang jatuh ke bumi. Wisatawan juga banyak yang tertarik pada kerajinan kerang yang berwarna-warni sangat unik terbuat dari cangkang kerang.  

 

Para pelancong juga bisa membawa pulang oleh-oleh wisata kuliner seperti belacan belitong, kerupuk belitong dan sambal lingkong. Belacan belitong adalah jenis bumbu yang terbuat dari udang atau ikan kecil yang ditumbuk dan difermentasi. Sedangkan sambal lingkong adalah sambal yang terbuat dari ikan, dicampur cabai, dan kelapa parut sehingga mirip abon. 

 

Pulau Belitung adalah obyek wisata yang lengkap. Silakan berkunjung dan nikmati berbagai pengalaman baru yang tak pernah anda dapatkan di tempat lain.

 

-- 

 

Temukan Pesona Belitung lainnya di pesonaindonesia.travel

Follow twitter Indonesia.Travel (@indtravel)

Facebook Indonesia.Travel (@indonesiatravel)

Instagram Indonesia Travel (@indtravel)