GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Banjir Wisman, 100 Persen Hotel Berbintang Penuh

12 May 2016
Wisatawan mancanegara (ANTARA/Fikri Yusuf/HR02)

Padang, GATRAnews  - Pergerakan Pariwisata di seluruh Indonesia begitu menggeliat dan sangat antusias. Tidak terkecuali di Padang, Sumatera Barat. Kota yang terkenal dengan jam gadangnya itu disambangi banyak wisatawan pada liburan panjang Kenaikan Isa Al Masih dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, 5 Mei dan 6 Mei 2016.


Buktinya, beberapa Hotel berbintang di Padang hampir seluruhnya full booking. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi. Kata Medi, tingkat hunian hotel saat libur panjang ini sangat mengembirakan.

”Dari hasil survey kami pagi ini (5/5), pada beberapa Hotel berbintang yang kami sample untuk tanggal 5 hingga tanggal 8 Mei mayoritas mencapai 100 persen full booking, Pariwisata kita sangat antusias,” ujar Medi, Kamis (5/5).

Kata Medi, hotel yang disurvey tersebut dan presentasenya adalah Hotel Mercure 100% penuh, Inna Muara 100%, Pangeran Beach 100%, Grand Zurri  94%, Bumi Minang 100%, Hotel Ibis 100%, Pangeran City 100%, Hayam Wuruk 100%, Axana 100%, Daima  100%, Rocky Hotel  100%, Basko Hotel 98%, Plan B Hotel  100%, Savali Hotel  100%, dan Sriwijaya Hotel  100%.

”Kami sangat menyambut gembira hal ini, karena Padang menjadi salah satu tujuan wisatawan juga untuk berlibur. Kami siap menyambut para wisatawan,” ujarnya.

Sementara itu, hasil pantauan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) wilayah Sumbar, rentang libur tiga hari tersebut, membenarkan tingkat hunian kamar hotel yang ada di Padang lebih dari 90%, bahkan banyak yang mencapai 100%.

Ketua PHRI Sumbar, Maulana Yusran mengatakan, selain adanya wisatawan mancanegara, hal itu terjadi karena wisatawan domestik dari provinsi tetangga seperti Riau dan Jambi, memanfaatkan waktu libur untuk berwisata ke Padang.

“Wisatawan paling banyak berlibur ke Padang adalah Riau. Oleh karena itu, tidak hanya hotel di Padang yang penuh. Hal yang sama juga terjadi di hotel yang ada di Bukittinggi dan Padang Panjang,” ujar Maulana.


Reporter: Wanto
Editor: Arief Prasetyo