GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Kulineran Malam di Jakarta, Yuk, Kongkow di Lesehan TM Blok M Square

01 Februari 2017

Jakarta, GATRAnews – Kawasan selatan Jakarta merupakan salah satu tempat favorit bagi penikmat kuliner. Namun ada tempat kongkow dengan masakan nusantara sambil lesehan di malam hari, mampirlah ke Trade Mall Blok M Square, Jalan Melawai, Blok M, Jakarta Selatan.


Di lokasi ini tiap malam tersedia aneka masakan enak khas rumahan. Dari menu makanan Solo, Yogyakarta, Manado, Cirebonan, Padang, Madura, Sunda, Jawa Timuran, Warung Ambon, hingga tahu genjrot ala Sumedang.

AVP Marketing Trade Mall Agung Podomoro, Ho Mely Surjani mengatakan, untuk pedagang kuliner dulunya mereka jualan di trotoar Jalan Melawai. Lalu kami tawari pindah ke teras TM Blok M Square. Mereka mau, dan jadi semakin ramai.

Trade mall ini merupakan bagian dari jaringan 10 trade mall di bawah branding manajemen TM Agung Podomoro. “Pedagang pindah ke teras Blok M Square, membuat pembeli jadi lebih nyaman. Kini semakin banyak pedagang bergabung, membuat konsumen menjadi lebih banyak pilihan makanan. Uniknya, hampir semua jenis makanan nusantara tersedia di sini,” kata Mely, di Jakarta, Rabu (1/2).

TM Blok M Square disebut juga sebagai trade mall yang beroperasi 24 jam nonstop. Setelah kios-kios tutup, kemudian beralih pedagang kuliner lesehan buka sampai malam dan bahkan menyambung ke kue subuh.

Tak jarang, sejumlah artis dan tokoh terkenal pun tampak kongkow juga di sini. Lokasi TM Blok M yang mudah ditempuh dari berbagai penjuru di Jakarta, membuat lokasi ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Salah satu warung legendaris adalah lesehan Bude Gendut. Warung Bude Gendut menempati dua tempat; di ujung barat, dekat tangga masuk TM Blok M Square, dan di sebelah timur menghadap ke timur. Di kedua lesehan ini, pengunjung bisa antre panjang untuk mendapatkan layanannya.
Lebih dari 20 masakan tersedia di lesehan Bude Gendut, dari rendang, ayam goreng, gulai ikan, kikil, urap, gudeg, sate usus, sate telur puyuh, tempe dan tahu bacem, sayur oseng teri, dan masih banyak lagi.


Harganya bervariasi, nasi putih Rp 6.000, ayam Rp 15.000, cumi Rp 40.000, sayur tumis Rp 10.000, tempe bacem Rp 4.000.

Warung laris lain, warung Gulnik (Gule Nikmat) Bu Hendro, terkenal gulenya, pelanggannya kadang harus antre panjang; warung Mbak Nanik, menyajikan bebek goreng dan bakar ala Jawa Timuran; warung masakan Manado; angkringan Yogyakarta; gerobak Sate Padang; warung sate kambing Madura; dan gerobak Bakso Malang. Di kala libur akhir pekan, jangan tanya lagi, pengunjungnya ramai sekali.

Menurut pedagang keuntungannya cukup lumayan. Mereka berjualan di sini hingga semua persediaan masakannya ludes habis. Sehingga, kadang ada yang berjualan hingga pukul 02.00 pagi.


Editor: Arief Prasetyo