GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Garap MICE, Kemenpar Kukuhkan INACEB di JCC

06 April 2016
Menteri Pariwisata Arief Yahya (GATRAnews/Abdurachman/HR02)

Jakarta, GATRAnews  – Menteri Pariwisata Arief Yahya sadar betul, Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE) bakal menjadi tumpuan ke depan. Potensi sangat besar, banyak asosiasi perusahaan maupun pemerintahan yang butuh menggelar pertemuan yang sekaligus kawasan wisata.


“Bagi industri, itu penting untuk menjaga okupansi hotel di saat week day yang sering melorot,” kata Menpar Arief Yahya, di Jakarta, Sabtu (2/4).

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berusaha menjaga semua aspek yang terkait. Salah satunya menyambut positif lahirnya INACEB (Indonesia Convention and Exhibition Bureau) di Indonesia. Menpar Arief Yahya mengukuhkan pengurus INACEB di Jakarta Convention Centre (JCC) 28 Maret 2016 lalu.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Azwir Malaon menjelaskan, INACEB merupakan salah satu organisasi yang bisa memecahkan permasalahan yang ada di industri MICE Indonesia. Sehingga dapat meningkatkan daya saing destinasi MICE Indonesia yang berbasis sumber daya daerah.

”INACEB merupakan sebuah solusi,” tambah Azwir.

Lebih lanjut Azwir mengatakan, permasalahan utama mengapa industri MICE di Indonesia kurang berkembang dan dipromosikan dengan baik. Selama ini tidak adanya lembaga khusus yang menangani convention bureau. Maka dari itu, Kemenpar menyambut baik lahirnya INACEB.
”Indonesia harus memiliki sebuah convention bureau. Ini merupakan hal yang wajib dan sangat diperlukan,” ujar Azwir.

Asal tahu saja, Malaysia punya seperti itu dengan Malaysia Convention and Exhibition Bureau (MYCEB). Sedangkan Thailand juga memiliki lembaga tersebut dengan nama Thailand Convention & Exhibition Bureau (TCEB).

”Dengan pengukuhan dan terbentuknya INACEB, tentu saja akan membawa dampak baik kepada destinasi MICE. Ini adalah hasil usaha yang keras dari semua pihak hasil kerjasama dengan cara merapatkan barisan," ujar Azwir.

Setelah dilakukan pengukuhan ini, Azwir berharap industri MICE di Indonesia dapat ditangani lebih baik dan dipromosikan secara tepat. Selain itu, 16 destinasi MICE yang telah ditetapkan oleh pemerintah juga dapat dibenahi secara tepat guna, sesuai dengan keunggulan setiap destinasi.


Reporter: Wanto
Editor: Arief Prasetyo