GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Festival Danau Sentani 2016 Digelar di Khalkhote

14 June 2016
Ilustrasi Danau Sentani (Antaranews/AR7)

Jayapura, GATRAnews  – Menteri Pariwisata Arief Yahya salut Bupati Jayapura Mathius Awoitauw untuk menjaga eksistensi pariwisatanya. Mereka bakal kembali menghelat Festival Danau Sentani (FDS) 2016 di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur, Papua, pada 19-23 Juni 2016 mendatang.


“Selamat atas penyelenggaraan Festival Danau Sentani 2016, sukses buat warga Jayapura,” sambut Menpar Arief Yahya di Jakarta, Jumat (10/6).

Tahun lalu, Mantan Dirut PT Telkom ini ikut hadir di tanah Papua dalam Festival Danau Sentani 2015. Salah satu keindahan yang dimiliki tanah Papua adalah Danau Sentani, yang terbesar di provinsi paling ujung timur Indonesia itu. Papua punya banyak keunikan, ada gunung bersalju abadi di atas ketinggian 4000 meter, ada taman nasional laut Raja Ampat nomor satu di dunia untuk kategori Wisata Bahari.


“Danau Sentani juga bagus, indah, dan punya kekuatan atraksi,” kata Menpar Arief Yahya.

”Pesta budaya Danau Sentani ini sudah terselenggara sejak 2007, dan merupakan upaya untuk mempromosikan pariwisata berbasis kekayaan alam dan budaya masyarakat setempat. Kami akan tebarkan Pesona Indonesia dan keindahan negeri ini dari Danau Sentani,” ujar Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw.

Lebih lanjut Mathius menjelaskan, FDS 2016 sengaja dipusatkan di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur. Di tempat ini pengunjung akan disuguhkan beragam adat istiadat, seni dan budaya dari puluhan suku asli. Upacara adat seperti penobatan Ondoafi dan sajian kuliner Papua juga akan melengkapi acara ini.

”Baik turis Eropa maupun Asia, khususnya Jepang, akan bertolak ke sini karena kawasan Kabupaten Jayapura menyimpan histori tentang tentara Jepang lewat makam-makam,” ujarnya.

Selain itu, FDS 2016 akan diramaikan dengan industri kreatif Papua. Dinas Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Papua juga akan mendorong ikon-ikon utama Pariwisata Papua untuk tampil dan lebih banyak dieksplorasi.

Dalam paparannya, Mathius mengungkapkan tahun ini FDS mengangkat tema “Satu Dalam Keanekaragaman Meraih Kejayaan”. Dalam hal ini, masyarakat Kabupaten Jayapura yang terdiri dari beragam suku asli dan paguyuban Nusantara akan diajak untuk meraih kejayaan bersama-sama.

”Tema tersebut sekaligus membuktikan bahwa Festival Danau Sentani mampu memelihara persatuan dan kesatuan di antara sesama suku, ras dan agama. Nasionalisme yang terkandung begitu besar mengingat Papua terdiri dari ratusan suku kecil,” jelasnya detail.


Reporter: Wanto
Editor: Arief Prasetyo