GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Okupansi Hotel Cilacap Rendah Rendah di Akhir Pekan  

19 April 2017
Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perijinan Satu Pintu (DPMPPSP) Kabupaten Cilacap Budi Santoso. (Foto: GATRAnews/Ridlo Susanto/AK9)

Cilacap, GATRAnews – Okupansi sebagian besar hotal yang ada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah cenderung rendah pada akhir pekan. Sebaliknya, antara Senin hingga Kamis, okupansi relatif tinggi. Hal itu menujukkan bahwa Cilacap masih sebatas kota kerja, bukan kota pariwisata.

 

Padahal, kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perijinan Satu Pintu (DPMPPSP) Kabupaten Cilacap Budi Santoso, Cilacap memiliki beragam destinasi wisata yang potensial. Antara lain Pantai Teluk Penyu hingga Widarapayung, Pantai sebelah timur Nusakambangan, Benteng Pendem, hingga wisata hutan payau dan susur sungai di Kawasan Segara Anakan Kampung Laut.

 

“Beberapa sudah membuat paket-paket menarik. Ini harus kita dorong terus,” jelasnya kepada GATRA, Rabu (19/4).

 

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah terus menggenjot sektor pariwisata dengan mendorong sejumlah perusahaan industri hulu yang ada ada di Cilacap untuk dapat membantu pengembangan pariwisata. Antara lain lewat dana Coprorate Social Responsibility (CSR) untuk pendidikan masyarakat pariwisata.

 

“Makanya harus disupport dengan kegiatan kita yang memang, GMP, PLTU, Pelindo, itu harus seirama,” ujarnya.

 

Pemkab Cilacap, Kata Budi, juga mendorong para pelaku industri wisata untuk melibatkan masyarakat sekitar untuk menjadi subjek atau pelaku dalam industri ini. Pasalnya, tanpa keikutsertaan masyarakat, pariwisaata akan kehilangan kekhasan lokalnya.

 

Bisa juga, pelaku industri kecil menengah dan industri kreatif setempat diikutsertaakan sebagai penyedia dan penyuplai kebutuhan hotel. Antara lain, makanan dan kebutuhan rumah tangga hotel lainnya.  “Juga harus melibatkan warung-warung depan, industri masyarakat sekitar, misalnya menunya atau apanya,” jelas Budi.

 

Salah satu yang dinilai berhasil dalam pelibatan masyarakat adalah Kawasan wisata Teluk Penyu. Di tempat tersebut, masyarakat nelayan menjadi pelaku industri wisata kuliner khas Cilacap, yakni beragam olahan laut (sea food). Begitu pula, penyedia transportasi air adalah masyarakat nelayan.

 

 


Reporter: Rosyid

Editor: Rosyid