GATRANEWS  | BOLA | CARSPLUS |

Liburan Paskah Wisatawan Serbu Lokawisata Baturraden

18 April 2017
Salah satu spot wisata yang ditawarkan di Lokawisata Baturraden, Banyumas, Curug dan kali yang mengalir jernih. (GATRAnews/Ridlo Susanto/HR02)

Purwokerto, GATRAnews - Lokawisata Baturraden di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dipadati wisatawan selama libur Paskah. Selama tiga hari, tercatat objek wisata andalan Pemkab Banyumas itu mencatat jumlah pengunjung mencapai 8.719 orang.

 

"Dari penghitungan karcis, Sabtu (15/4) sekitar 3.099 orang pengunjung sedangkan untuk Minggu sore sudah terjual lebih dari 3.721 pengunjung," kata Kepala UPT Lokawisata Baturraden, Djoko Haryanto, melalui keterangan tertulis yang diterima GATRA, Senin sore (17/4).

 

Djoko mengatakan, kunjungan mulai meningkat dari hari biasa mulai terasa sejak Jumat (14/4). Libur hari pertama pekan Paskah tersebut tercatat sebanyak 1.899 pengunjung dengan pendapatan mencapai Rp 26.412.500.

 

Djoko menjelaskan, sejak bulan Januari hingga 16 April, jumlah pengunjung telah mencapai 177.791 orang dengan pendapatan Rp 2,498 miliar. Banyaknya libur akhir pekan yang cukup panjang turut mendongkrak angka kunjungan.

 

Dia memprediksikan, hingga pertengahan tahun 2017, separuh dari target kunjungan yaitu 200.000 orang bakal terlampaui. Oleh karena itu untuk memaksimalkan pelayanan, UPT Lokawisata Baturraden membenahi sejumlah fasilitas.

 

"Di komplek Wanasuka, fasilitas untuk kolam dan sepeda air sudah dibenahi. Ini yang sedang diperbaiki kolam renang, panggung dan tempat berteduh pengunjung," bebernya.

 

Untuk memanjakan pengunjung yang gemar berfoto, UPT Baturraden juga menyiapkan lokasi berfoto berupa belasan air mancur dan tulisan '’Baturraden’. Pengerjaan fasilitas ini diharapkan selesai sebelum libur Lebaran. “Targetnya sebelum lebaran susah selesai,” imbuhnya.

 

Terpisah, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Saptono mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung pada libur panjang  Lebaran Idul Fitri 2017 mendatang, pihaknya tengah membenahi lahan parkir dan kios pedagang. Fasilitas pendukung lainnya seperti kamar mandi dan papan luncur juga diperbaiki.

 

"Rencananya akan ada penambahan wahana. Sementara ini masih memakai usulan anggaran yang sudah ada," kata Saptono.

 



Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid